Komedi Berdiri Yang Gak Komedi Banget

gw mau buang2 waktu nulis panjang tentang the so-called comic en stand up comedy ala pesohor2 tanah air hahahaha

gw bukan penggemar the so called stand up comedy ala comic2 lokal. gimana ya, sebagian dari mereka berusaaha banget kayaknya jadi satirist, cumang ya jatohnya selain garing ya keliatan bego juga sih. Akhirnya cuma mancing ketawa lewat nyela-nyela gak mutu, yang gw gak ngerti lucunya dimana. nyela macam “eh dasar tetelan daging lu, dasar buntelan kain lu…anu anu anu dan lain2 misalnya” gak mutu banget lah.

pernah satu waktu gak sengaja liat tayangan stand up comedy yang comic nya seneng images.jpegbanget menghina ras nya sendiri. awalnya sih bagus juga tapi lama2 jadi pattern yang udah gak lucu lagi sih…ya kalo udah pernah denger sebelumnya kan jadi biasa aja toh pas kita denger lagi. jadi indikator dia gak kreatif juga akhirnya. makanya malah sibuk maen film dia hahahaha. nah kali itu dia nyela soal safety regulation di pesawat. gw kira bakal ada kritik satir soal keselamatan penerbangan gitu, eh dia cuma ngeledek pramugari dan nganjurin penontonnya buat “gak usah dengerin arahan pramugari tiap take off pesawat orang kalau jatoh semuanya mati” lalu nyela soal adanya sempritan yang ada di life vest.. terus. udah gitu aja. bit nya nanggung, gak ada kaitan antara satu dengan yang lain. gw kira dia mau kasih satir soal panduan keselamatan penerbangan eh ternyata cuman gitu doang. kosong. lompat ke bit lain yang gak nyambung.

imagesPernah juga pas lagi mukim di sydney, gara2 diajak2 ikut nonton comic endonesa yang kebetulan lg tour en mentas di sydney… karena penasaran gw akhirnya liat yutub orang yang katanya pelopor stand up comedy indonesia ini, yang katanya “pertama kali dan satu2nya di dunia yang lakukan pementasan stand up comedy di lima benua”. bombastis banget lah. bawa2 pertama kali, satu2nya, dan pake klaim record-breaking karena lima benua itu. pas gw liat2 di yutub (rekaman tur dia sebelumnya) kek nya ini mah cuman pementasan stand up comedy di hadapan orang indonesia yang kebetulan ada di negara2 lima benua itu aja. ya tau diri lah kalau mau klaim “satu2nya”, “memecahkan rekor” dll dsb, kalau situ mentas pake lingua franca sekarang, dan audiens nya gak cuman orang indonesia, baru deh itu mecahin rekor dan semua embel2 yang dia klaim itu. Lagian IMHO nih ya, pas jauh dari kampung halaman, orang indonesia punya tendesi buat dateng ke acara kumpul2 sesama orang indonesia lainnya. melepas kangen sama indonesia, karena bisa bebas bacot gw elu disitu, kira2 gitu lah. Jadi ya mau acara kaya gimana juga pasti pada dateng en ngumpul lah itu orang2 indonesia di perantauan. Lha gw aja pernah kok ikutan ngantri cuman buat liat SBY pas dia bikin event di sydney hahahahahah. dan ruame banget itu orang indonesia yang dateng kesitu pas sby dateng dan dengan suka rela kita serahkan kuping kita buat disuguhi lagu2 khidmat nan patriotik karya bapak presiden: “ku yakin sampai disana” hahahahahahahaha . Jadi ya intinya, tour the so-called satu2nya di dunia, dan memecahkan rekor mentas stand up comedy di lima benua itu sih menurut gw biasa aja. itu cuman pebisnis yang liat celah pasar en arrange event dengan gandeng PPI dan konjen setempat sebagai EO wkwkwkwkw, asli biasa aja. dan setelah gw akhirnya nonton beberapa lawakan dia di yutub en tipi…gw berkesimpulan ini orang cuman sok asik sok keren aja. lawakannya juga sama kaya yang tadi pertama buat gw: garing, sok tau, dan gak mutu.

Tapi ada juga kok comic lokal yang menurut gw genuine lucunya dan berbakat main satir. tapi kayaknya comic satu ini udah lama gak dikasih panggung di tv, entah karena terlalu nakal atau sikap politik dia yang kebetulan gak kaya comic2 lainnya. gak perlu sebut nama lah, yang jelas badannya tambun en doi alumni ITB en mantan aktivis mahasiswa 98. Jadi gw liat dia mentas langsung pas kebeneran ada acara gw dateng dan dia jadi salah satu pengisi acaranya. Jadi dia mengkritik hipokrisi masyarakat kita yang permisif sama korupsi tapi antipati sama gay yang lakukan anal sex. padaha kata dia korupsi dan anal sex itu mirip: “pake jalur belakang dan harus dikasih pelicin yang banyak” hahahahahaha. menurut gw ini asli lucu.

nah pas rame2 comic yang nyela agama…menurut gw. gak ada masalah asal lucu (jelas itu kalau gak lucu bukan lawak dong wkwkwkw) dan kalau itu kritik, maka itu harus satir yang cerdas. Gw penikmat humor2 gelap seth macfarlane di family guy yang dengan enteng nyela2..well, hampir semua agama. nyela yesus, nyela muhammad, nyela yahudi wkwkwkw. tapi ya point nya jelas. terutama soal kritik atas stereotyping seseorang karena identitas religiusnya. toh menurut gw mem-profan-kan sosok2 kudus itu kan gak membuat mereka2 yang suci itu beserta ajarannya jadi kehilangan pengikut kan? kalau emang lawakannya udah lah gak lucu dan keterlaluan (menurut ukuran temen2 yang merasa ada panggilan jiwa untuk membela sosok2 kudus itu dan ajarannya) ya jangan malah di viralkan. diemin aja. charlie hebdo di prancis itu terkenal (dan akhirnya jadi martir) ya karena ada bigot2 yang atas nama membela sososk2 kudus itu lakukan tindakan bodoh terorisme. kalo gak ada aksi teror itu, kartun2 charlie hebdo itu ya paling dibaca en diliat sama orang prancis aja toh?

nah jadi begitu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.