CHANGE? Can We Believe Him????

on

Barrack Obama mungkin tak sekedar presiden kulit hitam pertama, atau presiden termuda dalam sejarah kepresidenan Amerika Serikat. Lebih dari itu Obama adalah melting pot. Dia dilahirkan di Honolulu, Hawai yang multirasial, dibesarkan di Jakarta tahun 60-an, sebuah tempat (yang saat itu) kumuh, ibukota sebuah negara yang cukup merepresentasikan kondisi negera-negara dunia ketiga lainnya. Dia memiliki darah seorang Kenya, bahkan nama “barrack” berasal dari bahasa Swahilli yang artinya “diberkati”. Uniknya Obama memiliki nama tengah seorang “timur tengah” bahkan cenderung tedengar “muslim”: “Hussein”. Nama ini pula-lah yang sempat memunculkan dugaan dia “terkontaminasi” dengan “terorisme”, terlebih saat bersekolah di Jakarta, Obama dianggap bersekolah di madrasah, yang di AS sana tampaknya mengalami peyorasi menjadi semcam  “tempat pengkaderan teroris”. Padahal Obama cuma bersekolah di Sebuah SD di kawasan Menteng yang didalamnya terdapat mushala.

Apapun itu, Obama telah mencatatkan sejarah. Melihat karirnya yang melesat begitu cepat orang mungkin tak akan percaya. Dia bukan berasal dari “trah” politisi macam keluarga “Bush” atau “Kenedy”, dia juga bukan seorang miliarder, bukan pula seorang oportunis wall-street. Dia “cuma” pengacara jebolan Harvard Law Scholl yang “kebetulan” punya record luar biasa. Ia tercatat sebagai presiden kulit hitam pertama untuk “Harvard Law Review”, sebuah juranl hukum ternama, dan SANGAT-SANGAT BERWIBAWA (percayalah saya  kuliah hukum, dan saya tau betul reputasi jurnal ini…menulis di jurnal ini, jaminan mutu lah hehe).

Satu hal yang layak dipelajari dari kiprah Obama adalah karier politik yang ia retas dari bawah. Kesadaran politik dan sosialnya tumbuh pesat seiring dengan “kesadaran rasial”-nya (dan mungkin kesadaran kelas-nya). Ketidakadilan rasial dan permasalahan sosial membuat Obama muda lebih memilih berkiprah sebagai seorang fasilitator masyarakat bahkan merancang beragam proyek-proyek “community Development” ala AS. Seorang jenius jebolan Harvard dengan predikat “magna cum laude” ini rupanya lebih doyan melakukan kegiatan pelayanan publik tinimbang mengadu untung di Wall Street, seperti kebanyakan pemuda ambisius yang termakan imaji-imaji “American Dreams”. Sebuah tempat yang (tak bisa disangka lagi) menjadi titik nol krisis finansial global yang sedang kita hadapi.

Tapi tunggu dulu…apakah berarti Obama seorang yang “anti pasar”, seorang yang “progresif” seorang “keyensian” atau “sosialis” mungkin? Obama memang mendukung “emergency act” yang mengucurkan US$700 juta untuk pemulihan sektor keuangan. Ia juga berencana menaikan pajak bagi kelas menengah -atas, dan memberikan insentif bagi kelas pekerja. Untuk pemerataan kesejahteraan dan penanggulangan krisis katanya. Dalam setiap retorika kampanyanya  kita dibuat seolah yakin bahwa ia akan menjadikan negara yang “superbodi”, yang “kuat”, yang memiliki “power” untuk mengintervensi pasar.

Benarkah? rasanya saya sangsi…lihat saja wawancara Obama dengan CNBC beberpa waktu silam, dalam wawancara itu Obama berkata:

 ” Look. I am a pro-growth, free market guy. I love the market…”


(coba akses 
http://thepage.time.com/obama-interview-on-cnbc/, untukmendapatkan transkrip wawancara loengkapnya)

huhu i love the market, (as i love michele hehe)…Ny. Obama, sampeyan diduain sama pasar tuh
Hehe..jadi beneran nih kita percaya bakalan ada yang berubah?

CHANGE?????Hueeeeeek (muak meliat orang2 Indonesia yang gembira dengan kememangan Obama dan hingar bingar Pemilu AS, NORAK!!!!)

3 Comments Add yours

  1. Iman Septian says:

    Perubahan khan bertahap bung..

    Like

  2. Saya sepakat dengan Bung Tian. Kebijakan John Mccain dan Obama yg berbeda hanya mengenai kebijakan local domestiknya saja. Tapi kebijakan luar negerinya, sama saja seperti presiden-presiden AS sebelumnya. Jadi, agak heran juga kenapa sebagian masyarakat Indonesia ikut berbahagia dengan kemenangan Obama?

    Like

  3. sepakat sama kalimat terakhir..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s