“Lamban”-nya anggota DPR kita

Tahukan anda? Di Victoria Tower Garden , halaman di depan gedung parlemen Inggris (House Of Commons) terdapat patung yang sarat makna karya perupa Auguste Rodin. Patung yang diberinya tajuk The Burghers from Calais (Les Beurgeois de Calais, kalo gak salah ejaan Prancisnya begitu) itu menggambarkan kisah heroik enam orang anggota dewan kota (semacam wakil para warga) dari kota Calais, sebuah kota di utara Perancis yang menjadi akes penting menuju Inggris melalui selat Channel.

Alkisah pada masa kekuasaan Edward III pada tahun 1347, Inggris  berhasrat untuk menaklukan  musah bebuyutannya di eropa (pada masa itu) :  Perancis. Konflik  antar dua negara yang berlangsung  hampir selama seratus tahun itu (1337-1453)menacpai klimaks saat Inggris mengepung Calais, kota pelabuhan yang menjadi akes penting kedua negara. Edward berhasrat untuk menguasai kota penting dan strategis itu dan ia memerintahkan pasukannya untuk mengepung kota tersebut. Maka selama setahun penuh Calais dikepung bala tentara Inggris.

Mungkin karena jenuh kota kecil itu tak kunjung takluk, Edward III akhirnya mengumumkan akan mengakhiri pengepungan Calais, dengan syarat enam orang pemimpin kota tersebut menyerahkan diri dan jiwa mereka. Setelah mempertimbangkan masak-masak akhirnya keenam pemimpin kota kecil itu berbesar hati untuk menyerahkan diri (dan jiwa mereka) sebagai harga bagi kebebasan warga kota. Keenam orang pemimpin kota itu berjalan menuju tempat eksekusi, menanggalkan pakaian kebesaran mereka sambil bertelajang kaki. Tapi tak ada langkah gontai disana. Keenam pimpinan kota Calais menyambut tali tiang gantungan dengan dada membususng, tak ada keeraguan dalam langkah gagah mereka. Seolah ingin mengabarkan pada dunia bahwa : seorang patrioit sejati adalah seorang yang rela mengorbankan kepentingan pribadi demi  kepentingan bersama.Peristiwa monumetal inilah yang kemudian diabadikan oleh perupa Auguste Rodin dalam karyanya yang bertajuk Burghers of Calais.

Mungkin bukan tanpa maksud pemerintah Inggris membeli karya rupa Rodin ini lantas menempatkanya di Victoria Tower Garden, halaman depan gedung Parlemen Inggris. Mungkin patung ini adalah milestone untuk mengingatkan anggota parlemen yang sejatinya adalah wakil rakyat untuk berkorban demi kepentingan rakyat, sebagaimana pengorbanan keenam pimpinan kota Calais yang menyerahkan nyawanya demi kebebasan kota dan rakyatnya dari pengepungan tentara Inggris.

Mengingat kisah ini saya berfikir sejenak.
Mungkin ada baiknya kita mengusulkan agar Sekretriat Jenderal DPR (parlemen negeri kita) dan Badan Urusan Rumah Tangga DPR membeli hak cipta karya rupa Rodin ini, membuat replikanya dan memajangnya di halaman depan gedung DPR/MPR senayan, ketimbang membuang uang milyaran cuma buat ganti karpet dan wallpapaer, atau membebani anggaran (APBN) sampai bertriliun-trilun rupiah cuma buat naikin tunjangan….

Siapa tau patung ini bisa jadi sarana introspeksi diri bagi anggota dewan kita agar mereka bekerja hanya untuk kepentingan rakyat. Agar mereka mau berkorban harta bahkan jiwa mereka demi kesejahteraan rakyat. Seperti pengorbanan Burghers of Calais.
Kalau dipikir-pikir bisa jadi selama ini buruknya kinerja anggota dewan kita disebabkan tiadanya monumen simbolik di lingkungan gedung DPR agar anggota dewan yang terhormat itu termotivasi bekerja lebih baik untuk kepentingan rakyat.
agar anggota dewan kita gak lamban otaknya dalam merespon kebutuhan rakyat
yah siapa tau aja lambannya itu gara-gara pengaruh arsitektur gedung dpr yang konon dari jauh terlihat seperti bulus (kura-kura) hehe….

yustisia rahman
–sayabenciparpol–

One Comment Add yours

  1. Hafidz M, says:

    mereka yang ga punya malu itu, biar dikasih patung di tiap ruangan juga ga bakal sadar.. emang sudah mental maling..hafidz- sayaJugabenciparpol-

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s